UJIAN PRAKTEK

Senin, 20 November 2023

UAS PRAKTIK

  

 
KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKOLAH

    KESADARAN KEBERSIHAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH

    Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Menjaga kebersihan harus kita lakukan dimana saja.Terlebih di sekolah tempat dimana kita menuntut dan menimba  ilmu untuk masa depan kita, Kebersihan lingkungan sekolah akan memengaruhi kesehatan kita. Sangat penting untuk menjaga kebersihan sekolah agar siswa tetap aman dan nyaman selama berada di lingkungan sekolah. Menjaga Kebersihan Sekolah merupakan tanggung jawab semua warga sekolah bersama bukan hanya tanggung jawab petugas kebersihan sekolah yang harus selalu menjaga juga membersihkan lingkungan sekolah.

    Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah juga dapat membantu memastikan anak tidak mudah tertular penyakit.Oleh sebab itu , anak harus dididik untuk menjaga kebersihan diri maupun lingkungan sekolah agar kondisi fisik dan mentalnya tetap terjaga dengan baik.Selain itu, perlu dilakukan kegiatan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan seperti melakukan kegiatan pemilahan sampah,program LISA (Lihat Sampah Ambil) membuang sampah pada tempatnya yaitu tempat sampah.Dengan dilakukannya program tersebut seluruh warga sekolah diharapkan mampu menyadarkan siswa untu menjaga kebersihan. Sampah sampah yang ada di lingkungan sekolah akan tidak berserakan lagi. Kemudian sekolah akan menjadi tempat yang nyaman untuk belajar karena sudah tidak ada lagi sampah yang menggangu pemandangan juga bau bau tidak sedap yang disebabkan oleh sampah.

    Manfaat lainnya jika menjaga kebersihan lingkungan sekolah adalah siswa menjadi tidak mudah sakit sehingga tidak sering absen di dalam kelas dan mampu mengikuti pembelajaran dengan baik,juga dengan kita melakukan kebiasaan menjaga kebersihan lingkungan sekolah dapat menular ke masyarakat sekitar yang diharapkan mencontoh pola hidup bersih warga sekolah tersebut.

          Cara mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah:

  • Biasakan anak tidak membuang sampah sembarangan
  • Bapak dan Ibu guru memberi contoh 
  • Ajak anak menjaga kebersihan ruang kelas dan toilet

   Dengan menjaga kebersihan sekolah akan memengaruhi kesehatan warga sekolah. Tak hanya itu,sekolah yang bersih juga dapat menaikkan nilai akademis dan semangat belajar siswa.




   www.yasanjosiantar.com

www.smpcintarakyat1.sch.id

www.secretkampus.com

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UAS PRAKTIK

     KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKOLAH     KESADARAN KEBERSIHAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH      Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Menjaga kebe...